Robotic Surgery Di Indonesia

Robotic Surgery Di Indonesia

Perkembangan teknologi saat ini semakin luas dan sangat berkembang sehingga tidak dapat dibatasi lagi. Baik perkembangan di media massa maupun media elektronik. Pada jaman sekarang ini, banyak ilmuwan-ilmuwan yang terus menciptakan beberapa perkembangan terbaru, bahkan banyak yang berlomba-lomba untuk membuat suatu terobosan terbaru. Begitu juga halnya dengan metode penyembuhan penyakit. Jaman dahulu banyak orang-orang yang sakit lalu meninggal padahal mereka sangat membutuhkan alat-alat canggih, namun tidak tersedia pada jaman dulu. Namun kini sudah banyak penemuan alat-alat canggih yang ada di Indonesia ini. Salah satunya yang kini menjadi perbincangan hangat dimana-mana yaitu Robotic Surgery atau biasa juga disebut robot bedah.

Robotic Surgery atau robot bedah merupakan hasil dari beberapa perkembangan teknologi dalam kedokteran yang menggunakan robot sebagai alat untuk membantu suatu proses dalam kedokteran. Sebagai contohnya yaitu membantu saat akan melakukan sebuah operasi, dan lain-lain. Walaupun hanya sebuah robot, namun hal ini sangat membantu para dokter untuk melakukan tugasnya, robot ini juga dianggap aman karena robot ini tetap di setting oleh para dokter tersebut, jadi tidak 100% robot melakukan semua hal. Dalam hal ini, Robotic Surgery dianggap tren terbaru yang masa penyembuhannya lebih cepat daripada operasi lainnya. Cara kerja teknologi ini yaitu dengan membedah kecil bagian yang dioperasi, hal ini bertujuan untuk mengurangi infeksi dan meminimalisir pendarahan. Teknologi Robotic Surgery ini menggunakan sebuah system yang menggunakan kamera kecil yang akan dimasukkan kedalam tubuh pasien yang akan si operasi, dan dengan begitu para dokter bisa melihatnya di layar monitor.

Banyak yang mengatakan bahwa Robotic Surgery masa pemulihannya lebih cepat. Jika biasanya pasien membutuhkan waktu penyembuhan beberapa minggu, maka jika melakukan operasi dengan menggunakan Robotic Surgery, waktu penyembuhannya bisa lebih dipersingkat. Namun, karena alat yang sangat mahal dan harganya juga sangat mahal, banyak orang yang belum menggunakan Robotic Surgery sebagai cara operasi mereka. Bahkan banyak juga dokter-dokter yang masih belum mengetahui secara benar bagaimana cara penggunaan operasi dengan menggunakan robot.