Dokumen Wajib Izin Usaha Di Indonesia

Untuk mendirikan sebuah usaha di negara ini dibutuhkan surat izin usaha untuk melegalkan usaha yang Anda dirikan. Proses pendaftaran izin usaha membutuhkan kelengkapan dokumen yang dikeluarkan oleh beberapa instansi terkait. Apa saja kelengkapan administrasi surat izin usaha? Berikut adalah beberapa daftar dokumen yang harus Anda siapkan untuk memperoleh surat izin usaha di Indonesia:

1. SKDU

SKDU (Surat Keterangan Domisili Usaha) merupakan salah satu dokumen yang wajib dimiliki oleh setiap pemilik usaha. Surat ini dikeluarkan oleh kantor kelurahan atau kantor kecamatan setempat. Untuk mengurus surat ini sangat mudah dan hanya membutuhkan waktu selama sehari saja.

2. NPWP

NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) merupakan nomor wajib pajak yang diberikan sebagai identitas wajib pajak untuk melaksanakan kewajiban perpajakan. NPWP dapat diperoleh dengan mendatangani kantor pelayanan pajak dan proses pembuatannya tidak membutuhkan waktu yang lama.

3. UD

Izin UD (Usaha Dagang) merupakan surat sebagai tanda bukti sah untuk menjalankan usaha dagang perseorangan. Surat ini dikeluarkan oleh kantor wilayah departemen perindustrian dan perdagangan.

4. SITU

SITU (Surat Izin Tempat Usaha) merupakan surat izin yang berfungsi sebagai pengesahan tempat usaha perorangan, badan usaha, dan perusahaan. Surat ini dikeluarkan oleh pemerintah daerah dan memiliki masa berlaku maksimal 3 tahun, jadi jika masa berlakunya habis maka harus diperpanjang.

5. Surat Izin Prinsip

Surat ini dikeluarkan oleh pemerintah daerah sebagai kepastian hokum dalam kegiatan investasi dan meningkatkan pendapatkan daerah. Surat izin prinsip diberikan kepada badan usaha atau pengusaha yang menjalankan usaha di suatu daerah.

6. SIUI

SIUI (Surat Izin Usaha Industri) merupakan surat izin yang berfungsi untuk melegalkan kegiatan usaha industry kecil yaitu usaha dengan modal sekitar 5-200 juta rupiah. Surat izin ini dapat diperoleh dari kantor pelayanan perizinan terpadu tingkat daerah atau kota, tetapi jika usaha ini mengalami perkembangan yang besar maka dapat mengajukan surat izin ini di BKPM.

Itulah beberapa dokumen yang harus dimiliki dalam mendirikan sebuah usaha, sebenarnya masih banyak dokumen lain yang wajib dikantongi seperti SIUP, TDP, TDI, HO surat izin gangguan, IMB, dan izin BPOM.